Rabu, 14 April 2010

UNJUSTICE

ODHA
"Antara Diskriminasi dan Membawa Perubahan"

ODHA merupakan singkatan dari orang dengan HIV/AIDS atau seringkali disebut HIV positif . Masyarakat saat ini sudah tidak asing lagi dengan istilah ini . Selama ini seorang ODHA masih mendapat stigma dan diskriminasi buruk dari sebagian masyarakat . Hal ini terjadi akibat pengetahuan kita tentang HIV/AIDS belum tersosialisasikan dengan benar di masyarakat . Seringkali da pengetahuan yang salah di masyarakat , misalnya orang percaya bahwa batuk/flu atau bersentuhan badan dengan penderita AIDS dapa menularkan HIV .

Bentuk stigma dan diskriminasi yang dilakukan antara lain :

1 . Tidak diterima di intansi manapun bila diketahui seorang ODHA
2 . Terancam di kucilkan dari teman , keluarga dan masyarakat
3 . Ancaman fisik seperti di usir , disingkirkan dari tempat tinggal dsb .
4 . Dianggap sebagai orang yang kotor Sebenarnya ODHA tidak perlu didiskriminasi karena ODHA juga manusia biasa seperti kita yang ingin punya teman , bergaul dan bekerja .

Selain itu , IV dalamtubuhnya tidak mudah menular . Dengan stigma dan diskriminasi yang dilakukan dapat menghambat program pencegahan HIV karena orang menjadi takut berbicara tentang HIV dan ODHA lebih memilih bungkam dengan penyakitnya . Perlu diketahui semua orang berpeluang terkena virus HIV , karena HIV dapat tertular akibat perilaku kita maupun pasangan kita . Keuntungan bila kita tidak melakukan diskriminasi ialah ODHA akan memililki keberanian untuk menceritakan kondisinya kepada semua orang terutama teman , keluarga dan pasangan . Hal ini berakibat positif terhadap perkembangan psikologi , sehingga harapan hidup menjadi lebih baik . Bila seseorang telah melakukan perilaku berisiko tertular HIV , dia memilimki keberanian untuk melakukan tes HIV karena tidak takut didiskriminasi . Dengan ini para ODHA akan membukia sebuah jalan baru guna menuntaskan masalah HIV/AIDS . Hal ini juga akan menjamin kemungkinan keberhasilan program pemberantasan HIV .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please komen dengan bijak . dengan kata - kata bijak dan sopan .